You are currently viewing MENGENAL LEBIH DEKAT SOSOK PEJUANG PEREMPUAN DARI INDONESIA (R.A KARTINI)

MENGENAL LEBIH DEKAT SOSOK PEJUANG PEREMPUAN DARI INDONESIA (R.A KARTINI)

Biografi Kartini & Perjuangannya

sumber foto buku otobiografi

Nama lengkap: Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat (R.A. Kartini)

Tempat, tanggal lahir: Jepara, 21 April 1879
Wafat: Rembang, 17 September 1903

Raden Ajeng Kartini (R.A Kartini) merupakan seorang perempuan asal Jepara yang lahir pada 21 April 1879. Kartini merupakan sosok keturunan bangsawan, oleh karena itu gelar Raden Ajeng disematkan kepadanya. Kartini merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosoningrat dan M.A Ngasirah. Ayah Kartini menjadi bupati Jepara saat itu.

sumber foto historia.id

Perjuangan emansipasi wanita:
– Pasca lulus dari ELS atau sekolah dasar Eropa, Kartini tidak melanjutkan pendidikan lagi karena dilarang oleh ayahnya.
– Di usianya yang masih belia, Kartini harus menjalani pingitan, merupakan sebuah tradisi yang membatasi ruang gerak kaum wanita bangsawan Jawa.
– Selama masa pingitan tersebut, Kartini tetap gigih memperjuangkan emansipasi wanita melalui surat-suratnya yang dikirimkan ke sahabat-sahabatnya di Belanda.
– Kartini mendirikan sekolah untuk anak-anak perempuan di Jepara yang disebut Sekolah Kartini. Dimana sekolah tersebut menjadi tonggak penting bagi perjuangan Kartini untuk membebaskan para kaum wanita dari kebodohan dan kemiskinan. Karena menurutnya, perempuan pribumi harus mendapatkan kesetaraan, persamaan, dan kebebasan.