You are currently viewing SUARA MAHASISWA DIKALA KULIAH PERDANA

SUARA MAHASISWA DIKALA KULIAH PERDANA

 

 

Senin, 16 Agustus 2021 perkuliahan perdana berlangsung dikampus hijau IAIN Ponorogo. Perkuliahan kini memasuki semester ganjil dan tepat hari ini juga mahasiswa baru bisa merasakan “bangku kuliah” untuk pertama kalinya. Meskipun masih diliputi pandemi dan PPKM yang berkepanjangan tetapi tidak menghalangi para mahasiswa dan citivis kampus dalam pelaksanaan perkuliahan. Seperti semester sebelumnya perkuliahan semester ini masih berlangsung secara daring dan memungkinkan mahasiswa untuk tetap belajar dari rumah.

Kuliah daring di IAIN Ponorogo sudah berlangsung selama 3 semester kebelakang. Meskipun awalnya mahasiswa enjoy-enjoy saja menikmati kuliah online yang katanya lebih ‘fleksibel’ dan nggak perlu ootd-an, makin lama muncul kebosanan dan kerinduan terhadap teman sesama kelas, sesama fakultas dan sesama organisasi. Kegiatan yang awalnya dapat dilakukan secara offline dan lebih terasa menyenangkan kini harus serba online dan kurang efisien.

Pagi ini semua kelas melaksanakan perkuliahan perdana, biasanya pada awal semester dosen hanya sekedar perkenalan dan menyampaikan kontrak kuliah. Untuk mahasiswa baru hari ini merupakan kesempatan untuk saling mengenal teman satu sama lain, serta mengenal dosen pengampu mata kuliah terkait. Untuk mahasiswa lama, pastinya sudah kenal dengan teman sekelas atau tetangga kelas. Tetapi mungkin ada beberapa dosen yang baru mengampu di kelas tersebut.

Entah karna faktor terlalu lama libur atau terlalu lama daring, banyak mahasiswa yang sedikit mengeluh mengenai ‘kuliah’. Tak sedikit yang mengeluh belum siap masuk kuliah kembali, ada yang belum terbiasa bangun pagi sedangkan selama libur sering bangun siang. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang tiba-tiba menghilang, entah dengan alasan cuti atau tanpa alasan sama sekali. Pada saat ini mahasiswa merasa ‘belum antusias’ dan salah satu faktornya adalah kuliah daring.

“Kesanku kuliah perdana b aja si, walau aku sadar kuliah online membuat berkurangnya pengalaman nyata dalam belajar. Tapi mau tidak mau tetep harus dijalani”

Namun ada beberapa mahasiswa yang tetap antusias dalam pelaksanaan kuliah perdana “Menurutku ada sedikit semangat baru si setelah sekian lama terdiam dan berfikir mencari tujuan hidup yang lebih jelas. Kok bisa semangat? Karna di semester ini ada satu mata kuliah yang greget dan pingin memperbaiki nilai tapi dipersulit, karna sebelumnya terlalu meremahkan matkul itu. Jadi sekarang aku kudu waspada, disamping banyak tujuan yang harus digapai, kuliah jangan lalai”

Mahasiswa berharap agar setidaknya ada perkuliahan offline, mengingat perkuliahan online dirasa kurang efektif. Untuk beberapa orang penjelasan materi perkuliahan secara online sulit dipahami karena kurang interaktif, bahkan kuliah hanya sekedar mengumpulkan tugas dan absen tanpa paham materi yang disampaikan. Beberapa malah hanya titip ‘nama’ sedangkan mahasiswa tersebut tidak pernah mengikuti perkuliahan.

Mahasiswa berharap semester selanjutnya sudah bisa melaksanakan kuliah offline mengingat semester semakin mendekati akhir, banyak tanggungjawab yang harus dilakukan. Baik praktek lapangan, Kuliah Pengabdian Masyarakat dan Skripsi. Serta kegiatan lain yang keefektifitasnya harus dilakukan secara langsung.

 

Penulis : Ida Kurniawati Mahasiswa Jurusan KPI

Leave a Reply