You are currently viewing PELANTIKAN & RAKORNAS FORMADINA DI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

PELANTIKAN & RAKORNAS FORMADINA DI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

demafuad.iainponorogo.ac.id – DEMA Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi tuan rumah dalam rangkaian kegiatan rutin tahunan Pelantikan & Rakornas Forum Mahasiswa Ushuluddin Indonesia (FORMADINA).

Acara yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Villa BHO, Jl. Cipadung No.122, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, selama tiga hari, Selasa-Kamis (05-07/10/2021). Dihadiri oleh 43 Peserta dari 18 instansi

Pada kesempatan kali ini mengangkat tema “Pemikiran Ushuluddin dalam Moderat Beragama sebagai penangkal radikalisme di Indonesia”. Acara diisi berbagai kegiatan seperti kegiatan Talkshow dan Rapat Koordinasi Nasional yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa Ushuluddin di seluruh Indonesia.

Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo juga turut serta dalam kegiatan besar ini. Fakultas mengirimkan 2 perwakilannya yaitu, Fahad Ulin Nuha selaku Ketua DEMA FUAD dan Ahmad Nur Muklasin Selaku Co. Departemen Teknologi & Informasi DEMA FUAD. Perwakilan dari kampus ini diharapkan ikut berpartisipasi penuh dalam segala kegiatan formadina.

Kegiatan Webinar

Hari pertama dimulai sekitar jam 07.00 WIB di Aula Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Setelah semua peserta berkumpul, kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan. Dibuka oleh Megawati Baitul Putri selaku OC Kegiatan, dilanjut sambutan dari Dema-F Sohibi Bustomi, kemudian pemutaran video ucapan dari DEMA, video sambutan dari Menteri Agama RI, lanjut sambutan Presiden Nasional Formadina dan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin.

Di waktu upacara pembukaan dari mahasiswa Fakultas Ushuluddin juga mempersembahkan penampilan banjari yang meriah Selepas upacara pembukaan, acara dilanjutkan kegiatan Webinar dengan tema “FORMADINA Sebagai Penguat Moderasi Beragama Dalam Menjaga Keutuhan NKRI” yang diisi oleh tiga pemateri yakni, materi 1 oleh Prof. Rosihon Anwar, M.Ag, materi 2 oleh Dr. H. Waryono, M.Ag, dan materi 3 oleh Dr. Farid F. Saenong.

Kegiatan Talkshow

Disambung hari kedua, diadakan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) yang diikuti semua peserta bertempat di Villa BHO. Kegiatan diselingi beberapa penampilan dari mahasiswa Fakultas Ushuluddin, setelah beberapa penampilan dan sambutan dari WADEK 3 Dr. Muhlas, M. Hum dilanjutkan kegiatan Talkshow bertemakan “Meningkatkan Peran dan Fungsi FORMADINA Demi Terwujudnya Militasi Organisasi”. Dengan menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama diisi oleh H. Muh. G. Gunawan Abdul Jawwad, S. Ud selaku Ketua Umum Pertama Formadina dan narasumber kedua oleh Ubaidillah, S. Fil. I selaku Ketua I Formadina.

Pada hari ketiga kegiatan dilanjut dengan pembahasan Rakornas yang di hari sebelumnya belum rampung, kemudian rapat dilanjutkan sampai menemui kesepakatan bersama. Karena ini hari terakhir kegiatan terkesan santai dan hanya diisi seperti sharing-sharing antar peserta, dilanjut dengan penutupan acara secara resmi.

Penulis : Muhammad Wildani Hikmawan Mahasiswa Jurusan KPI